7 tips ampuh mengatasi stress


Stress merupakan gejala penyakit sikologis yang menyerang seseorang baik kalangan remaja, pemuda maupun orang-orang yang lebih dewasa umurnya. gejala atau penyakit stres ini muncul akibat tidak terpenuhi/kurang terpenuhinya kebutuhan baik kebutuhan secara fisik (lahir) maupun kebutuhan secara mental dan kejiwaan (batin). Tidak terpenuhi atau kurang terpenuhinya kebutuhan tersebut menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang tidak percaya diri, cenderung menutup diri dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berpikir, menyesali akan nasibnya dan menyalahkan diri sendiri serta menyalahkan orang-orang terdekatnya.

Jika gejala penyakit stres ini tidak diketemukan solusinya yang tepat maka, kecenderungan seseorang akan mengambil keputusan atau tindakan sebagai pelampiasanya adalah melakukan hal-hal negatif yang malah semakin merugikan diri sendiri, keluarga dan masa depanya.

Memang sangat diakui kerasnya zaman dan lemahnya sistem birokrasi kita serta efek negatif dari adanya era globalisasi menciptakan peluang besar bagi kaum muda(generasi penerus ) khususnya untuk terserang penyakit stres ini

Jika anda sedang mengalami gejala virus stres ini maka dengan beberapa tips-tips ini akan menuntun anda untuk kembali menjadi pribadi yang kuat dan sukses, yaitu:

1. Segera Untuk Memulai. Apa yang harus dimulai ?


Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sederhana namun terkadang sulit untuk dijawab.
Memulai adalah memulai untuk gerak, memulai untuk beraktivitas, memulai untuk kegiatan dan memulai untuk bekerja. Memulai untuk melakukan sesuatu tidak harus yang berat-berat dan mernguras tenaga dan pikiran yang lebih besar, tetapi memulai untuk melakukan hal-hal yang sederhana adalah proses awal untuk membentuk mental yang baik, misalnya dimulai dengan terbiasa bangun pagi, merapikan tempat tidur, menyapu kamar atau rumah, menyiram tanaman, mencuci piring, membaca buku atau membantu pekerjaan orangtua/saudara, dll.

Setelah terbiasa dengan proses awal ini makan pelan-pelan akan muncul ide, gagasan, keinginan dan motivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih tinggi lagi intensitas kerja fisiknya dan pikiranya. Dari sinilah menurut saya awal terjadinya proses kreatif atau kreativitas itu.

2. Menggali Ilmu&Pegetahuan(Wawasan)

Semakin banyak ilmu pengetahuan (Wawasan) yang dimiliki, maka akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri yang besar dalam diri seseorang, juga percaya diri terhadap lingkungan tempat tinggalnya. sehingga ketika menghadapi masalah akan selalu ada solusi atau metode pemecahan dan bahkan dengan wawasan yang luas dapat menghasilkan banyak opsi yang ditawarkan guna pemecahan masalah-masalah.

3. Peroleh Skiil (Keahlian)

Skiil (keahlian) dapat diperoleh melalui rutinitas atau pekerjaan yang dilakukan secara kontinyu, berkesinambungan dan fokus pada suatu pekerjaan yang ditekuni. karena dengan fokus dan ketekunan inilah seseorang dapat menegenal pekerjaanya lebih dalam. setelah melewati proses mengenal kemudian seseorang akan dapat memahami dan dapat menguasai suatu pekerjaan dengan baik.

Selain melalui rutinitas pekerjaan yang dilakukan secara kontinyu dalam mengasah skiil dapat juga diperoleh melalui berbagai pelatihan dan Diklat, mengambil kursus-kursus dan atau belajar otodidak.

4. Peroleh Pengalaman (Experience)

Pekerjaan yang dilakukan secara kontinyu dan dalam jangka waktu yang lama jika ditekuni dan ada usaha-usaha untuk memperbaiki suatu pekerjaan/permasalahan, maka seseorang yang menekuni pekerjaan tersebut dapat dianggap berpengalaman dalam bidang pekerjaanya. Inilah proses terbentuknya kekuatan mental seseorang yang bermula dari menggali ilmu&pengetahuan, mengasah skiil(keahlian) dan mendapatkan pengalaman dibidangnya, maka penyakit/virus stres menjadi tidak masuk akan baginya apalagi terserang oleh virus ini.

5. Melaksanakan Ibadah Rutin

Melaksanakan ibadah secara rutin seperti sholat lima waktu, membaca Alquran, dan ibadah lainya merupakan kunci bagi seseorang untuk membentengi diri dari hal-hal negatif. Didalam rutinitas sholat terdapat do'a-do'a yang jika dipahami dan diresapi akan menjadi obat penawar bagi penyakit-penyakit batin.

Alquran juga memberikan jawaban terhadap fenomena penyakit batin ini, bahkan secara terang-terang didalam salah satu surat didalam kitab suci Alquran menegaskan bahwa obat hati bagi manusia adalah dengan membaca Alquran, maka jika anda mengalami penyakit stres obatilah batin anda dengan sering-sering membaca Alquran walaupun hanya satu ayat saja dalam sehari.

6. Cari teman/sahabat yang mau mendengarkan curhatan anda karna dengan menceritakan tentang unek-unek dan segala permasalahan yang terpendam didalam hati akan dapat meringankan beban hidup anda.

7. Perbanyak Teman dan Perluas Pergaulan



Dengan memiliki banya teman dan koneksi akan memudahkan anda untuk mendapatkan jalan keluar terhadap segala bentuk persoalan hidup anda.


"Karya itu nggk mesti yang rumit-rumit, tapi yang sederhana namun dipoles dengan indah adalah karya terbaik"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLA KEPEMIMPINAN tanpa JUDUL

Di era kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi sebuah sistem untuk menyesuaikan diri terh...