Tips Mudah Menjalankan atau Mengerjakan Shalat Subuh

Jika Anda telah bersiap meninggalkan shalat Subuh, hati-hatilah bila Anda berada dalam golongan orang-orang yang tidak disukai Allah untuk pergi (shalat). Anda akan ditimpa kemalasan, Futur (turun keimanan),lemah, dan terus berdiam diri.


Ingin rasanya kita seperti Umar, Anas, Shakhr, An Nu'man, dan yang lainya dalam memandang shalat subuh sebagaimana mereka menghormati undang-undang Allah.

Disini akan kita bahas 10 tips yang akan membantu kita menjaga shalat subuh, tanpa meninggalkan sarana lain yang dibutuhkan. Akan lebih baik lagi jika bisa berinovasi. Itu karena setiap diri hendaknya senantiasa mencari cara yang tepat bagi dirinya dan juga demi membantu kaum muslimin dalam Menjalankan perintah Allah.

Semoga Allah melimpahkan Taufik dan mengabulkannya. Aammiin...

Inilah 10 Tips Mudah Menjalankan Shalat Subuh :

  1. Ikhlas. Ikhlas menjadi tips yang terpenting dalam membantu bangun shalat subuh. Tanpa keikhlasan, seseorang tidak akan melaksanakan subuh secara teratur. Itu karena shalat subuh merupakan standar pembeda bagi orang-orang ikhlas dengan orang-orang munafik. Ikhlas merupakan sarana yang paling utama untuk menjaga shalat subuh, dan sarana paling pokok dalam segala amal kebaikan dan ketaatan. Setan begitu mudah menggoda setiap hamba, kecuali yang ikhlas diantara mereka. Allah menceritakan tentang setan : "iblis menjawab, 'Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang Mukhlis diantara mereka'." (Qs.Shad:82-83). Berhati hatilah Anda dari mangsa setan, dan bekali diri dengan senjata ikhlas.
  2. Tekad yang Kuat. Allah membenci apabila ada seorang muslim yang bangun hanya ingin melanggar perintah-Nya. Ia tidak mempunyai kemauan kuat, dan terang-terangan berniat untuk bermaksiat. Allah tidak menginginkan seorang hamba yang datang kepada-Nya dengan keterpaksaan dan kebencian. Akan tetapi Dia mencintai seorang hamba yang taat, yang rela melangkahkan kakinya karena rindu akan cinta-Nya.
  3. Hindari Dosa. Shalat Subuh merupakan hadiah Allah, tidak diberikan kecuali kepada orang-orang yang taat lagi bertaubat. Hati yang diisi dengan cinta kemaksiatan, bagaimana mungkin akan bangun untuk shalat subuh? Bagaimana mungkin hati yang tertutup dosa akan terpengaruh oleh hadis-hadis yang berbicara tentang keutamaan shalat subuh? Bagaimana mungkin mendengar panggilan adzan "Hatta Alash Shalah" (mari shalat), "Hayya Alal Falah (mari mencari kemenangan), dan "Asshalatu khairum minannaum (shalat itu lebih baik dari pada tidur). Bagaimana hati ini akan khusyuk dzikir kepada Allah dan melaksanakan segala bentuk kebenaran ? Bagaimana mungkin itu akan terjadi bila hati telah diselimuti kemaksiatan ?.
  4. Do'a. Do'a mempunyai peran yang sangat penting. Jangan meremehkanya sedikitpun. Lakukan do'a sebagai rutinitas harian, dengan memohon agar Allah memberi kemampuan untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah. Perbanyaklah do'a, selalu perbanyaklah memohon dan merintih pada-Nya.
  5. Berteman dengan Orang Shalih. Ini sebuah saran yang tak kalah pentingnya. Memang, berbuat ketaatan tatkala dalam kesendirian, sangat susah. Karena setan lebih kuat menghadapi orang yang sendiri tak berkawan. Perhatikan kawan-kawan anda. Apakah mereka senantiasa mengingatkan dengan shalat subuh, membaca Al Quran, menjaga pandangan, dan berbuat baik kepada orang tua? Apakah mereka senantiasa mengingatkan Anda kepada Allah dan mematuhi-Nya? Ataukah sebaliknya?. Selayaknya, Anda bergaul dengan orang-orang Shalih. Agama anda, adalah cermin dari agama sahabat-sahabat Anda.
  6. Memperhatikan Cara Tidur. Diantara cara tidur yang benar yaitu: Tidur lebih awal, tidur mengikuti Sunnah Rasulullah serta umumkan jam tidur Anda kepada kenalan atau kolega dan teman-teman dekat apabila Anda tidur lebih cepat untuk bangun lebih awal untuk shalat subuh berjamaah.
  7. Jangan kekenyangan. Itulah tips yang sesuai dengan syariat dan kesehatan. Satu sama lain tidak akan bertentangan. Secara umum merupakan sarana yang bermanfaat bagi manusia, sedangkan secara khusus bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga waktu shalat. Karenanya, seorang bijak pernah berkata, "makan banyak, tidur banyak, niscaya akan kehilangan kebaikan yang banyak".
  8. Mengingat-ingat keutamaan waktu fajar.
  9. Tiga Bel Pengingat. 1. Jam Weker, 2. Telepon (buat janji dengan kawan, siapa yang bangun lebih dulu, ia harus membangunkan yang lain dengan telepon), 3. Bel Pintu ( buatlah kesepakatan dengan tetangga untuk menghampiri Anda dengan mengebel pintu supaya anda terbangun.
  10. Ajaklah Orang Lain. Yakinlah, Allah tentu membantu anda, tatkala Dia menyaksikan Anda mengajak orang lain untuk melaksanakan kewajiban itu. Usaha yang terus menerus dijalan Allah, niscaya Allah akan menjamin Anda untuk selalu berhubungan dengan-Nya. Mulailah dari keluarga, anak-anak, istri, dan saudara-saudara serta kedua orang tua anda.

Sekian pembahasan tentang 10 tips Mudah Menjalankan Shalat Subuh. Jika Anda sudah yakin bahwa tips ini bermanfaat untuk akhirat Anda kelak. maka, jangan ragu untuk share sebanyak-banyaknya artikel ini ke teman-teman,sanak saudara dan kerabat Anda sebagai bentuk ilmu Amalyah Anda.



Sumber: Mu'assasah IQRA, Misteri Shalat Subuh, Dr. RAGHIB As-Sirjani,2004 M.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLA KEPEMIMPINAN tanpa JUDUL

Di era kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi sebuah sistem untuk menyesuaikan diri terh...