DEPRESIASI

Depresiasi secara umum didefenisikan sebagai sejumlah ongkos yang harus disediakan (dicadangkan) perusahaan pada setiap perioda tertentu untuk melakukan penggantian mesin, peralatan, atau fasilias-fasilitas lain yang termasuk Harta Tetap ( kecuali tanah) setelah umur ekonomis dari mesin, peralatan, atau fasilitas-fasilitas lain tersebut telah terlampaui.

Depresiasi dalam akuntansi mempunyai beberapa pengertian yaitu sebagai berikut :

1. Nilai pasar : kesepakatan harga antara penjual dan pembeli terhadap suau barang dimana penjual bermaksud untuk menjual dan pembeli bermaksud untuk membeli.

2. Nilai pakai : berkaitan erat dengan pemilikan atas suatu barang atau peralatan. barang/peralatan yang dimiliki mempunyai nilai pakai tertentu bagi pemiliknya sebagai sebuah unit pelaksana kegiatan.

3. Nilai layak: nilai ini biasanya disebabkan ketidakcocokan akan harga barang tertentu sehingga terjadi tawar-menawar antara penjual dan pembeli yang akhirnya harga barang terakhir dianggap layak untuk melaksanakan penjualan dan pembelian.

4. Nilai buku : nilai atas suatu pemilikan yang ( Book Value ) dihitung pada saat pembelian dan pada saat-saat tertentu setelah dipakai (sebelum tercapai umur ekonomisnya).

5. Nilai sisa: nilai atas suatu pemilikan pada saat umur ekonomis tercapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLA KEPEMIMPINAN tanpa JUDUL

Di era kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi sebuah sistem untuk menyesuaikan diri terh...