Manfaat Motivasi




  • Seorang tokoh bernama Ferdinand Foch mengatakan bahwa senjata yang paling ampuh di dunia ini adalah jiwa manusia yang terbakar menyala-nyala. Ini adalah ungkapan tentang motivasi. Motivasi dapat mengalahkan ketakutan, kemalasan, dan kekalahan.


  • Dalam pertandingan sepak bola kedua tim yang bertanding, selalu berusaha keras untuk bermain sesuai strategi, untuk mengalahkan lawan. Dalam posisi imbang, mereka berusaha sesegera mungkin menggungguli lawanya. Ketika sudah unggul, mereka akan mempertahankan dan mencobah menambah keunggulan, ketika ketinggalan mereka berusaha menyamakan kedudukan, bahkan membalikan keadaan. Semua dapat terjadi ketika semua pemain termotivasi untuk melakukan hal ini.

  • Dorongan yang kuat dalam diri akan memunculkan energi terus berusaha mencapai keberhasilan yang di inginkan. Pada saat belajar atau mengerjakan tugas, ada saat ketika kita bersungguh-sungguh dan ada pula saat sebaliknya. Itu semua dipengaruhi oleh motivasi dalam diri kita sendiri. Motivasilah yang memberi daya dorong dalam diri kita untuk melakukan sesuatu. Meskipun keberhasilan seseorang ditentukan oleh strategi belajar dan kemampuan dasar yang dimiliki, motivasilah yang menjadi pemicu energi untuk berprestasi.


  • Intelegensi atau kemampuan intelektual dan bakat merupakan faktor penting untuk mencapai suatu prestasi. Namun keduanya tidak akan bermanfaat apabila seseorang tidak memiliki motivasi yang memadai. Walaupun hasil tes kecerdasan menunjukan angka yang tinggi, jika seseorang tidak ingin memanfaatkan kelebihan tersebut, maka semua menjadi tidak berarti. Namun sebaliknya, jika seseorang hanya memiliki kecerdasan yang biasa-biasa saja, tetapi ia memiliki motivasi yang tinggi untuk berprestasi, maka tidak mustahil ia akan meraihnya.

Demikian artikel singkat kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLA KEPEMIMPINAN tanpa JUDUL

Di era kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi sebuah sistem untuk menyesuaikan diri terh...