11 Cara Meningkatkan Traffic Blog untuk Blogger Pemula


Ketika kita mendengar dan melihat (membaca) tentang sebutan atau istilah Blogger pemula, sudah tentu dalam pengertian secara umum kita dapat memahaminya sebagai seseorang yang sedang memulai, memahami dan belajar mengeluarkan ide, pemikiran/konsep, wawasan, karya serta pengalaman dalam bentuk tulisan yang dimuat dalam situs blog. Baik itu blog pribadi maupun blog untuk keperluan bisnis (penjualan).

Dalam proses belajar tersebut (sebagai blogger pemula) memang tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi. Tantangan-tantangan tersebut adalah seperti harus memahami semua komponen-komponen yang terdapat dalam blog, baik pengertian dan fungsinya maupun penggunaanya dalam blog. Karna setiap istilah-istilah dalam blog adalah istilah-istilah yang tidak ditemui dalam dunia nyata sehingga butuh banyak usaha untuk dapat menguasainya.

Tantangan-tantangan tersebut memang harus dihadapi dan dilewati apabila ingin menjadi blogger profesional dan berpengalaman. Hal itu tentu sudah pernah dirasakan oleh para blogger yang sudah profesional dan terkenal saat ini.


Artinya, untuk menjadi blogger profesional tidak se-sederhana seperti yang terlintas di pikiran kita, juga tidak diperoleh secara instan. Namun tetap butuh waktu, usaha dan kerja keras untuk membangun blog yang berkualitas.

Itulah sedikit gambaran tentang proses perjalanan blogger pemula menuju blogger yang profesional.

Beberapa blogger yang berpengalaman (professional), saya sebut saja seperti Panduan.IM, Sugeng.ID dll, yang membahas tentang cara menaikan traffic blog, moneytize blog, SEO blog, dll. Pada Setiap topik yang mereka bahas banyak memberikan pengetahuan dan pengalaman baru tentang blog bagi pemula dan membantu menaikkan traffic blog bagi blogger pemula.


Pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas cara menaikan traffic blog untuk blogger pemula seperti yang di bahas oleh bloger-bloger diatas karna sudah pasti pembahasan mereka berkualitas.

Namun, dalam artikel kali ini saya akan membahasnya pada sudut pandang yang berbeda. semoga setelah membaca artikel ini akan sedikit membantu menyiapkan dan memantapkan diri untuk menjadi seorang blogger terkenal.

Inilah 11 cara meningkatkan traffic blog untuk blogger pemula :


1. Mulailah untuk mencoba menulis apapun yang menjadi ide Anda saat ini.

    Memulai (start) dalam mengeluarkan ide melalui tulisan adalah langkah awal untuk menjadi blogger terkenal. Tulislah apapun yang ingin ditulis dengan fokus bahwa ide Anda berguna untuk orang lain.

2.  Baca kembali secara berulang-ulang tentang apa yang Anda tulis.

      Dalam setiap kata dan kalimat yang Anda tulis kemudian munculkan pertanyaan, apakah pada setiap kalimat / alinea pembahasan Anda mengandung makna sehingga pembaca dapat mengambil manfaat setelah membacanya sampai akhir kalimat.

3.  Penggunaan kata-kata, bahasa dan istilah dalam tulisan.

      Tentukan sasaran pembaca blog Anda, apakah pembaca lebih senang membaca pembahasan artikel dengan kalimat yang ringan dan sederhana yang mudah dipahami atau ada pembaca yang menyukai penggunaan istilah-istilah dalam kalimat.

4.   Pelajari sistematika penulisan yang baik dan benar.

      Berkualitas atau tidaknya tulisan Anda yang dapat menilainya adalah pembaca itu sendiri, sehingga tulisan yang mengikuti kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar akan dinilai positif oleh pembaca.

5.   Fokus mengelola blog dengan tema yang sudah ada.



        Apapun tema/topik yang Anda bahas agar tetap fokus untuk dibangun dan dikelola dengan baik, karna tidak mungkin kita dapat membatasi apa saja minat pembaca yang sering berubah-ubah.

6.    Perbaharui topik yang sedang Trend saat ini.

       Cari informasi tentang topik apa saja yang sedang trend saat ini dan dicari oleh pembaca. Misalnya, tentang pendidikan, sejarah, tempat-tempat wisata, barang-barang elektronik, makanan, kesehatan, dll.

7.  Hindari dahulu pemikiran tentang tujuan utama membuat blog untuk moneytize (dapat duit).

     Fokus dahulu mengelola blog Anda dengan tujuan setiap artikel yang Anda bahas berguna untuk orang lain. Sebab, yang menentukan moneytize-nya blog Anda adalah jumlah pembaca / pengunjung blog. Banyaknya jumlah pembaca / pengunjung blog ditentukan oleh minat atau ketertarikan pembaca terhadap pembahasan artikel blog Anda.

8.   Promosikan artikel-artikel blog Anda melalui media sosial.

    Jika ingin dikenal maka cara yang paling baik dan sukses adalah melalui promosi blog ke teman-teman Anda, seperti melalui media sosial Facebook, whatsaap, Twitter, Instagram, dll.

9.  Harus punya kesabaran dalam mengelola blog.

         Setiap proses pasti memiliki waktu dan waktu itu harus dilalui dengan sabar, karna keberhasilan menjadi blogger sukses itu tidaklah instan. Bloger-bloger profesional di Indonesia dan dunia mereka telah bertahun-tahun lamanya mengelola blog mereka hingga menjadi blogger terkenal.

10. Perbanyak jumlah artikel-artikel blog.

    Semakin banyak artikel di blog Anda, maka akan banyak pula pilihan yang ingin dibaca oleh pengunjung blog.

11. Jika jumlah pembaca atau pengunjung blog sudah banyak dan telah memenuhi syarat untuk didaftarkan di Google Adsense, maka segera daftarkan untuk mendapatkan moneytize dari blog Anda.

Demikian pembahasan artikel saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.


     

 

       


2 komentar:

  1. mantap gan sangat mengisnpirasi noob kaya ane

    BalasHapus
  2. good article, sangat membantu dan menginspirasi.

    monggo mampir ke blog saya juga:
    https://nyelenehside.blogspot.com/

    terima kasih

    BalasHapus

POLA KEPEMIMPINAN tanpa JUDUL

Di era kemajuan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi sebuah sistem untuk menyesuaikan diri terh...